WhatsApp

Untuk melakukan pendaftaran. Anda bisa melakukan langkah - langkah berikut ini

Langkah 1

Pendaftaran dilakukan melalui daring/ online perorangan pada website http://ppdb.mtsalkgtlo.sch.id/.

 

Langkah 2

Klik menu buat Akun terlebih dahulu. Isi nama username, email, dan pasword. Untuk username masukkan kombinasi angka. Contoh : rahmat123 atau nisya365 atau rahim947 dll

 

Langkah 3

Setelah calon siswa membuat akun silahkan klik menu seblah kiri bertuliskan SIGN IN, masukkan username dan pasword yang kamu buat tadi, lakukan pengisian data, sebagai berikut :

  1. Data Pribadi (sesuai akta kelahiran, kartu KK, NISN dari sekolah, kartu KIP, PKH jika ada, foto setengah  badan dengan pakaian seragam SD/MI )
  2. Data Orang Tua (siapkan kartu KK dan nomor Handphone (HP) yang masih aktif,, jika mempunyai 2 nomor aktif masukan nomor tersebut di nomor telpon wali )
  3. Data asal Sekolah (siapkan surat keterangan NISN dan NPSN dari SD/MI,  Nomor IJAZAHdi jika belum ada ketik dengan angka 000 dan SKHU di ketik dengan angka 000 )
  4. Cetak (setelah menekan tombol cetak, download dan print bukti pendaftaran Online tersebut)

 

Langkah 4

Siapkan semua dokumen yang diminta sesuaiyang tercantum dalam bukti pendaftaran tersebut, antara lain :

  1. Bukti pendaftaran Online yang sudah di cetak ( print )
  2. Foto copy/ scan print Akta kelahiran siswa yang berwarna, bukan hitam putih
  3. Foto copy/ scan print Kartu Keluarga ( kartu KK ) berwarna bukan hitam putih
  4. Surat keterangan NISN dan NPSN dari SD/MI
  5. Asli dan foto copy kartu KIP, PKH, KKS yang masih berlaku

Masukan semua dokumen tersebut kedalam Map biasa ( warna merah bagi laki-laki dan warna hijau untuk perempuan )

 

Langkah 5

Jika semua dokumen telah tersedia dan calon  siswa secara fisik/ mental sehat, silahkan datang langsung ke madrasah dan menyerahkan dokumen  tersebut secara langsug ke Panitia PPDB

 

Langkah 6

Setelah dimadrasah, calon siswa  menyerahkan semua dokumen ke penguji untuk pemeriksaan berkas, sesuai hari kerja Senin – Ahad kecuali Jumat, sesuai jam kerja dari pukul 08:00 - 12:00 dan dilanjutkan pukul 13:00 - 14:00

 

Langkah 7

Setelah berkas dinyatakan lengkap, selanjutnya calon siswa akan langsung di uji Akademik dan kemampuan membaca Al-Qur’an oleh Panitia, jika memenuhi syarat ketentuan Madrasah maka calon siswa baru dinyatakan berhasil dan jika belum memenuhi syarat, calon siswa diberikan kesempatan selama 1 pekan untuk mengkuti ujian ulang

 

Langkah 8

Calon Siswa yang telah dinyatakan berhasil melalui Tes Akademik dan Bacaan Al-Qur’an di berikan waktu selambat-lambatnya 1 pekan untuk melakukan pembayaran sesuai ketentuan :

  1. Bagi calon siswayang orang tuanya memiliki kartu Program Keluarga Harapan ( PKH ) atau kartu Keluarga Sejahtera  ( KKS ) yang masih berlaku, atau bagi calon siswa yatim piatu yang memiliki surat keterangan berasal dari kantor lurah/ desa atau panti asuhan, membayar biaya Pendidikan Donasi 1 tahun = Rp. 840.000,-  + Infaq Pembangunan = Rp. 750.000 + MOS = Rp. 50.000,-  + Buku Raport Premium =  Rp. 70.000,- ( atau biaya total keseluruhannya adalahRp. 1.710.000,- )
  2. Bagi calon siswa yang tidah memiliki kartu seperti pada point  (a) membayar  biaya Pendidikan Donasi 1 tahun = Rp. 1.080.000,-  + Infaq Pembangunan = Rp. 1.000.000 + MOS = Rp. 50.000,-  + Buku Raport Premium =  Rp. 70.000,- (atau biaya total keseluruhannya adalah Rp. 2.200.000,- )

 

Langkah 9

Biaya pendidikan tersebut di transfer di-Rekening Bank atas nama Madrasah.  (Nomor rekening  disampaikan saat setelah calon siswa dinyatakan memenuhi syarat  Uji Akademik dan Baca Al-qur'an

 

Langkah 10

Setelah melakukan transfer, Foto bukti pembayaran tersebut

 

Langkah 11

Buka kembali internet Website PPDB, masukan kembali  username dan password lakukan seperti langkah ke 3 tanpa mengisi data lagi, lalu buka menu pembayaran dan uploadlah foto bukti  pembayaran tersebut kemudian tekan tombol simpan

 

Langkah 12

Panitia akan memeriksa foto bukti biaya pendaftaran yang telah di upload, jika sesuai, maka panitia  menyatakan calon siswa tersebut diterima  di Madrasah ini dengan menempatkan calon siswa pada kelas yang di sediakan

 

Langkah 13

Calon Siswa dan orang tua dapat melihat  status tersebut dengan melalukan langkah 3 kembali  ke menu status

 

Langkah 14

Calon siswa dan orang tua akan menerima informasi lanjutan mengenai kegiatan belajar mengajar di  Madrasah melalui nomor telpon yang  di daftarkan melalui WhatsApp Grup

 

Catatan :

Jika mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran maupun informasi lainnya silahkan hubungi Ustadz Jufri ( 0823-4658-4395  ) dan Ustadz Ismail ( 0853-9906-9961 )

  1. Untuk biaya pendidikan silahkan di buka menu informasi - cara mendaftar pada langkah 8
  2. Untuk Informasi cara pembayaran akan di sampaikan pada waktu uji tes akaedimk dan bacaan Alquran